Tips Memilih Wireless Speaker dan Rekomendasi Wireless Speaker Miniso

Kalau jaman dulu, speaker pada umumnya memiliki bentuk yang cukup besar, komplit dengan kabel yang panjang. Namun sekarang, dengan semakin canggihnya teknologi dan adanya inovasi baru berupa teknologi wireless atau nirkabel, kini speaker juga dikemas dengan bentuk yang lebih simpel dan tanpa kabel.

Karena speaker wireless atau nirkabel ini bisa berfungsi dengan menggunakan sambungan bluetooth. Sebagaimana yang diketahui bahwa wireless speaker ini merupakan alat penghasil suara yang tidak usah dihubungkan melalui kabel dengan sumber bunyi. Dimana, sumber bunyi ini biasanya berasal dari smartphone, tablet maupun music player.

Selain itu, speaker ini terhubung ke sumber suara melalui gelombang radio yang dipancarkan dari Bluetooth, Wi-Fi, atau AirPlay. Salah satu kelebihan dari wireless speaker ini adalah mudah dibawa kemana-mana dan sangat praktis saat digunakan tidak perlu repot-repot melakukan instalasi. Sebelum anda akan memilih wireless speaker, maka sebaiknya anda mengetahui tips nya sebagai berikut :

1. Berdasarkan Karakteristik Musik Kesukaan Anda

Dalam hal ini, perhatikan jenis musik apa yang biasa anda dengar. Jenis musik seperti hiphop dan rock berada di nada suara yang lebih rendah. Sedangkan untuk jenis musik seperti musik klasik ada pada nada yang lebih tinggi. Untuk jenis musik yang berada di tengah-tengah, seperti jenis musik pop dan musik untuk terapi, karena jenis musik ini tidak memiliki nada yang terlalu rendah atau terlalu tinggi. Oleh karena itu, pilihlah wireless speaker yang cocok dengan jenis musik yang anda sukai.

2. Kualitas Suara Ditentukan Oleh Daya Yang Dibutuhkan

Perlu diketahui bahwa daya yang dibutuhkan sangat tergantung kepada hasil kualitas suara yang diinginkan. Untuk ruangan kecil atau untuk ditaruh di atas meja, anda cukup menggunakan speaker dengan daya 1 watt saja. Namun jika diperuntukan bagi ruangan yang lebih besar seperti ruangan tamu, maka dibutuhkan daya yang lebih besar pula, misalnya 10 watt, 50 watt, dan seterusnya. Jadi, semakin besar daya yang dibutuhkan maka akan semakin bagus kualitas suara yang dihasilkan.

3. Kualitas Suara Ditentukan Oleh Teknologi Codec

Codec ini merupakan teknologi kompresi dalam dunia musik. Dimana, semua data akan mengalami kompresi pada saat pengiriman suara. Adapun beberapa teknologi Codec yang sering digunakan adalah sebagai berikut :

– SBC (Sub Band Codec)

Ini merupakan codec umum untuk Bluetooth. Umumnya sering terjadi keterlambatan atau ada jeda waktu saat transmisi. Selain itu, frekuensi tinggi dihilangkan pada teknologi codec ini dan biasanya terjadi noise.

– AAC (Advanced Audio Coding)

Ini merupakan codec untuk iPhone. Jeda waktu hampir tidak terjadi pada codec tipe ini sehingga bisa menghasilkan suara yang baik.

– AptX

Code ini biasanya digunakan di Android. Adapun masalah yang sering terjadi oleh codec SBC sudah diatasi oleh AptX dan kualitas suaranya sudah setara dengan AAC.

Rekomendasi Produk Wireless Speaker Miniso

Miniso BT155 Camouflage Bluetooth Mini Speaker : Produk ini merupakan speaker yang bisa mengeluarkan output suara yang sangat keras. Hal ini berkat adanya driver sehingga membuat speaker ini sangat cocok digunakan untuk outdoor yang membutuhkan suara yang keras supaya terdengar dengan jelas. Untuk mendapatkan Wireless Speaker Miniso ini anda bisa membelinya secara online di Blibli.com. Karena dengan berbelanja di Blibli.com anda akan terbebas dari ongkir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *